Saran Finansial

Tak Harus Kerja Kantoran, Jadi Freelancer yang Mapan

Mendapatkan suatu pekerjaan baik itu di kota besar maupun di kota-kota urban bukanlah suatu hal yang dapat dikatakan mudah. Hal itu dikarenakan jumlah lapangan kerja tidak selalu mampu memenuhi atau cukup untuk menampung jumlah pencari kerja yang makin tahun makin banyak. Hal ini diperparah dengan datangnya tenaga kerja asing yang belakangan ramai dibicarakan akan semakin mempersulit peta persaingan mendapatkan pekerjaan. Sehingga wajar jika pemerintah mendorong masyarakat yang belum mendapatkan pekerjaan untuk coba mandiri buka usaha ataupun disebut jadi freelancer yang mapan.

Tetapi untuk menjadi seorang pengusaha yang bukan hanya mampu membuka suatu usaha tetapi juga harus mampu mempertahankan usahanya tersebut agar terus bertahan bukanlah semudah yang dibayangkan. Hal itu menyebabkan dorongan untuk menjadi pengusaha tidak dapat benar-benar menyelesaikan masalah lapangan kerja.

Menjadi Freelancer Yang Mapan Tanpa Kerja Kantoran

            Salah satu alternatif solusi seperti yang kami bahas di peluang usaha yang menjanjikan 2019 yang dihadirkan oleh pakar ekonomi. Dimana kita tidak melulu harus menjadi seorang pegawai kantoran baik itu pegawai negeri maupun pegawai swasta, melainkan menjadi freelancer. Menjadi seorang freelancer yang mapan alias pegawai lepas tentu tidak sama dengan membuka usaha sendiri, meskipun secara sederhana banyak dianggap sama oleh masyarakat awam. Perbedaan yang mendasar terletak pada komitmen dimana seorang pengusaha berkomitmen sebagai pimpinan atau atasan dari usahanya tersebut sedangkan seorang freelancer tetaplah berkomitmen sebagai pegawai, hanya saja pegawai tanpa ikatan.

            Meski tanpa ikatan dan terkesan tidak menjamin kehidupan sang freelancer itu sendiri, tetapi nyatanya seorang freelancer tidak jarang memiliki kehidupan yang lebih didambakan oleh banyak orang. Beberapa hal di bawah ini merupakan kelebihan menjadi pekerja freelance:

  • Jam dan hari kerja yang fleksibel

Seorang freelancer tentu tidak diikat oleh jam kerja maupun hari kerja, dengan begitu tentu saja hal tersebut sangat membuat siapa saja iri melihatnya karena tidak sedikit orang yang harus melawan rasa malasnya ketika berangkat kerja. Namun meski bebas dan fleksibel tetapi tetap saja seorang freelancer harus memperhatikan tenggat waktu yang diberikan dalam rangka menyelesaikan tugas yang diberikan kepadanya. Hal ini biasanya menjadi tantangan tersendiri bagi seorang freelancer karena setiap orang memiliki kecenderungan untuk menunda pekerjaan sampai batas waktu mulai mepet.

  • Pendapatan bisa diatur sendiri

Untuk poin kedua ini sebenarnya lebih menjelaskan para freelancer yang sudah punya nama sehingga pesanan tugas silih berganti mendatanginya. Dengan nama yang sudah besar tentu saja sang freelancer dapat mematok harga jasa yang tinggi sesuka hatinya, meski pun kadang tetap saja mereka mempertimbangkan harga pasaran jasa yang ditawarkan di sekitarnya sebagai pembanding. Poin nomor dua ini merupakan hal yang paling banyak membuat seorang pegawai kantoran resign dari pekerjaannya dan beralih menjadi seorang freelancer, karena dengan kehendak hatinya menentukan harga maka sangat memungkinkan pendapatan yang tak terhingga kepadanya.

  • Tidak terikat pada suatu tempat

Seorang freelancer tidak selalu harus menerima tawaran pekerjaan dari suatu tempat, bahkan tidak jarang sang freelancer menawarkan jasa kepada kompetitor usaha dari pemberi job sebelumnya dengan menawarkan biaya jasa yang lebih tinggi. Hal tersebut meski banyak dicela namun tidak melanggar apapun karena seorang freelancer memang bebas melakukannya.

Pemikiran Lebih Jauh Akan Hal Ini

Itulah kira-kira hal-hal yang dapat menjadi nilai jual lebih seorang freelancer di mata masyarakat. Dengan fakta-fakta tersebut tentu menjadi freelancer cukup bisa anda pertimbangkan lebih jauh apabila anda masih belum memiliki pekerjaan sekarang ini. Bisa dibilang ini sebagai sampingan jika anda belum memiliki pekerjaan yang tetap ketimbang daripada anda hanya bermain game atau judi bandarq yang dapat membuat anda habis uang saja.

Ikutin terus review saran keuangan online 2019 di situs kami untuk dapatkan berbagai info menarik untuk mengelola keuangan kalian dengan tepat dan benar.

Comment here