Saran Finansial

Hal Yang Perlu di Perhatikan Sebelum Jualan Online

jualan online

Menjual suatu produk secara online tampaknya sedang menjadi tren tersendiri diantara para pemilik produk di Indonesia dan merupakan salah satu cara penghasil uang dari internet. Hal ini tentu tidak lepas dari perkembangan teknologi informasi yang semakin maju setiap tahunnya. Hal ini pun merupakan indikasi yang sangat baik, karena dengan demikian maka pertumbuhan ekonomi baik mikro maupun makro di Indonesia dapat terus tumbuh ke arah yang lebih menggembirakan.

Ketahui Aspek Penting Ketika Ingin Berjualan Online

            Tetapi sayangnya menjual suatu produk secara online tidak semudah yang dibayangkan, karena meskipun di satu sisi pangsa pasarnya atau dalam kata lain target marketnya menjadi lebih luas, di sisi lain kompetitor pun jauh lebih banyak. Oleh sebab itu diperlukan rencana dan strategi yang baik sebelum memutuskan untuk terjun menjual produk anda secara online. Sebagai gambaran adviceaboutfinance, beberapa hal di bawah ini bisa anda pertimbangkan sebelum jualan online, yaitu sebagai berikut:

  • Bergabung dalam komunitas pedagang online

Bergabung ke dalam suatu komunitas pedagang online merupakan langkah awal yang sangat perlu anda lakukan sebelum benar-benar terjun berjualan online. Pasalnya, di dalam komunitas tersebut anda bisa terlebih dahulu belajar banyak hal dari orang-orang yang terlebih dahulu menjadi pedagang online. Diskusi yang kerap terjadi dalam komunitas menjadi materi belajar yang baik bagi anda membekali diri anda, sehingga diharapkan dapat meramu strategi yang baik bagi produk yang akan anda pasarkan secara online.

  • Adaptasi sistem pre-order

Menjual produk secara online tidak melulu mengharuskan anda selalu siap dengan produk anda, karena sangat dimungkinkan bagi anda untuk menyiapkan produk yang diinginkan pembeli setelah sang pembeli melakukan pesanan. Tetapi tentu saja ini tidak bisa diterapkan pada semua produk karena hanya produk-produk tertentu saja yang memungkinkan menerapkan sistem ini. Tetapi intinya adalah anda bisa mengadaptasi sistem pre order ini agar bisa mengakomodasi keinginan pembeli yang sangat mungkin diluar stok yang anda miliki.

  • Tingkatkan nilai jual produk

Hal berikutnya yang harus anda jadikan perhatikan adalah nilai dari produk anda. Maksudnya, anda harus tau apakah produk yang anda jual itu memiliki nilai yang sama dengan kompetitor sehingga tidak memiliki daya tarik tersendiri. Anda bisa lakukan modifikasi atau memberikan kreasi tertentu kepada produk anda agar terkesan unik, original dan limited sehingga pembeli memiliki alasan kuat untuk memilih produk anda dna bukan memilih produk kompetitor meskipun pada dasarnya produk yang dijual sama saja.

  • Toko online yang ramah

Hal terakhir yang paling penting dalam berjualan online adalah toko online dimana anda menjajakan produk-produk anda. pastikan toko online anda ramah pengguna, artinya tampilannya menarik, memiliki menu yang cukup membantu pengunjung, informatif serta berbagai kriteria lainnya. Jikalau anda tidak memiliki toko online dan lebih memilih bergabung pada suatu marketplace online pun tidak masalah, asalkan kriteria-kriteria tersebut barusan tetap anda perhatikan terutama soal informasi yang jelas kepada para pengunjung toko online anda.

Kesimpulan dari Membuka Jualan Online

Berjualan secara online dengan berjualan secara konvensional tentu cukup berbeda dalam berbagai aspek, terutama tentang cara memasarkannya. Namun bukan berarti berjualan secara online bertentangan dengan berjualan secara konvensional, karena faktanya banyak strategi dagang konvensional yang dapat anda terapkan pula ketika menjual produk anda secara online, tentunya dengan sedikit modifikasi. Sekian artikel ini dibuat, semoga dapat menjadi informasi yang bermanfaat bagi anda sekalian yang membacanya.

Comment here