Saran Finansial

Instrumen Investasi Rendah untuk Pemula

Di zaman sekarang ini banyak pakar atau ahli keuangan yang mengatakan bahwa kita tidak bisa menyimpan uang kita dengan cara sekadar menabung baik itu menabung di bank maupun menabung secara mandiri menyimpannya di rumah atau yang disebut investasi. Tentu setiap investasi pasti ada resiko yang akan dihadapi dan ini perlu kalian ketahui. Atau jika sebagai awal untuk terjun lakukan terlebih dahulu investasi rendah untuk pemula.

            Tidak sekadar memberikan penyataan yang mengkhawatirkan seperti di atas, para pakar atau ahli ekonomi itu pun turut memberikan alternatif solusi guna menyimpan uang kita tanpa perlu takut tergerus inflasi. Alternatif solusi yang dimaksud adalah dengan cara berinvestasi. Namun ketika mendengar istilah investasi, tidak jarang masyarakat kita berpikir investasi adalah bisnis, investasi butuh modal besar, investasi itu memiliki risiko dan berbagai pemikiran negatif lainnya.

Beberapa Investasi Rendah Cocok Untuk Pemula

            Sebetulnya pemikiran tersebut tidak sepenuhnya salah namun juga tidak sepenuhnya benar. Karena memang betul investasi merupakan suatu bisnis tetapi investasi tidak harus diawali dengan modal besar. Sekarang ini banyak sekali instrumen investasi yang cukup dengan modal kecil saja untuk memulainya.

            Untuk membuktikan kepada anda yang meyakini bahwa investasi memiliki risiko tinggi, berikut ini beberapa instrumen investasi dengan risiko rendah yang cocok menjadi bahan pembuktian bagi anda serta ajang latihan bagi pemula:

  • Investasi emas

Sudah sejak lama emas menjadi primadona di kalangan instrumen investasi. Pasalnya emas merupakan salah satu instrumen investasi paling konsisten memberikan profit alias keuntungan kepada para investornya. Selai itu likuiditas dari instrumen investasi yang satu ini pun terbilang paling likuid, mengingat kemudahannya untuk dicairkan hasil keuntungan investasi-nya. Emas yang menjadi pokok bahasan pada bahasan kali ini adalah emas murni dan bukannya emas perhiasan. Karena meskipun emas perhiasan bisa juga dijadikan instrumen investasi, tetapi nilainya tidaklah seberapa bahkan jika tingkat inflasi cukup tinggi maka berinvestasi emas perhiasan tidaklah menguntungkan.

  • Investasi reksadana pasar uang

Instrumen berikutnya adalah reksadana, namun tidak semua macam reksadana karena beda macam reksadananya maka risikonya pun berbeda. contohnya, reksadana saham memiliki tingkat risiko yang terbilang tinggi, lalu kemudian ada reksadana campuran yang termasuk memiliki risiko menengah. Untuk anda yang baru mau belajar investasi maka berinvestasilah pada instrumen reksadana pasar uang, karena macam reksadana tersebut memiliki tingkat risiko yang paling rendah diantara macam reksadana lainnya.

  • Investasi asuransi unit link

Instrumen investasi terakhir dalam daftar ini mungkin agak sedikit kurang familiar di telinga anda semua, yaitu asuransi unit link. Instrumen investasi yang satu ini merupakan pengembangan dari asuransi yang selama ini sudah populer dikenal oleh masyarakat kita bukan hanya terlindungi sesuai kontrak asuransi anda saja tetapi juga bisa mendapatkan keuntungan dari naiknya harga unit link milik anda.

Peluang dan Berbagai Macam Usaha Selain Investasi

Sebetulnya masih ada beberapa instrumen investasi lainnya yang termasuk instrumen investasi dengan risiko rendah, namun tampaknya ketiga instrumen investasi di atas merupakan yang paling konsisten menjamin profit alias keuntungan kepada para investornya. Anda bisa memilih salah satu saja diantara ketiga instrumen investasi di atas atau bisa juga langsung terjun ke dalam ketiganya sekaligus guna mendapatkan hasil yang lebih optimal.

http://misi99.club

Comment here