Saran Finansial

Tips Kelola Keuangan Persiapan Pernikahan

Bagi setiap pasangan di seluruh penjuru dunia momen pernikahan tentu merupakan momen spesial yang sangat penting dan berharga. Oleh sebab itu persiapan pernikahan yang akan dilaksanakan haruslah sebaik mungkin. Salah satu hal paling mendasar yang harus diperhatikan secara lebih maksimal adalah soal pengelolaan keuangan pernikahan yang biasanya membuat setiap pasangan bahkan keluarga pasti pusing dengan semua hal tersebut.

Persiapan Pernikahan Dengan Kelola Keuangan Yang Tepat

            Biasanya untuk memudahkan mereka menggunakan jasa WO alias wedding organizer, sehingga secara rinci mulai dari nol sampai akhir benar-benar diserahkan kepada mereka. tetapi hal itu tentu saja hanya bisa dilakukan oleh pasangan yang memiliki budget lebih dalam persiapan pernikahan mereka.

BACA JUGA : Masalah Financial Kaum Millenial

            Apabila anda termasuk calon pengantin yang sedang mempersiapkan pernikahan dan sedang pusing mengelolanya namun tak mampu membayar jasa WO untuk mengurus seratus persen maka anda bisa kelola itu sendiri. Jangan khawatir karena pada kesempatan kali ini akan disampaikan beberapa tips yang mudah-mudahan dapat lebih memudahkan anda dalam rangka mengelola keuangan persiapan pernikahan anda.

  • Gunakan Skala Prioritas

Anda tentu sudah tidak asing dengan istilah skala prioritas karena memang istilah yang satu ini sudah sangat umum digunakan dalam pengelolaan keuangan berbagai tujuan. Pertama-tama anda harus pilah mana hal yang harus diprioritaskan dan mana yang tidak, baru kemudian anda seleksi secara bertahap mana yang paling menjadi prioritas, mana yang menjadi prioritas berikutnya dan mana yang tidak perlu sama sekali. Dengan mengetahui mana saja hal prioritas dan mana saja yang bukan maka anda akan lebih jelas mengetahui akan dianggarkan untuk apa saja budget pernikahan anda tersebut.

http://seniorgames2012.org/

  • Cari teman yang memiliki usaha relevan dengan pernikahan

Setiap orang sepertinya pasti memiliki paling tidak satu saja rekan atau kenalan yang membuka usaha yang relevan dengan pernikahan. Misalnya teman yang memiliki usaha catering, penyewaan tenda dan kursi, penyewaan sound system, pemilik gedung pertemuan, pengrajin souvenir, pemilik usaha percetakan dan lain sebagainya. Apapun itu usahanya selama masih terkait dan dibutuhkan dalam pernikahan anda maka coba anda cari informasi tersebut, hal ini dimaksudkan untuk mencoba memanfaatkan faktor pertemanan guna mendapatkan harga yang lebih rendah dari biasanya. Semakin banyak teman anda yang memiliki usaha relevan dengan pernikahan dan mereka mau memberikan harga teman maka akan semakin baik.

  • Siapkan alternatif kebutuhan pernikahan

Hal berikutnya yang bisa meringankan anda dalam mengelola anggaran pernikahan terutama anggaran yang ketat adalah dengan menyiapkan alternatif dari kebutuhan pernikahan anda tersebut. Misalnya anda berencana menikah di gedung pertemuan, namun ternyata tarif sewa gedung-gedung yang available pada tanggal pernikahan anda sangat tinggi sehingga diluar kemampuan anda, maka anda bisa cari alternatif lain misalnya dengan mengelar pernikahan di rumah saja.

  • Lupakan brand

Hal terakhir yang tampaknya cukup penting untuk turut disampaikan adalah lupakan brand-brand tertentu dalam item-item pernikahan anda. Hal ini karena anda harus menekan pengeluaran sebaik mungkin, sehingga tidak perlu memaksakan diri menggunakan brand ternama yang mahal padahal brand lokal yang terjangkau pun sudah cukup memenuhi kebutuhan pernikahan anda tersebut. Dengan memahami keempat hal di atas maka semoga anda tidak lagi dipusingkan oleh tidak berbanding lurusnya budget pernikahan yang anda miliki degan realitas harga kebutuhan pernikahan di lapangan. Sebagai saran, jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan orang tua anda maupun orang tua pasangan anda ketika mengelola keuangan persiapan pernikahan tersebut, karena mereka jauh lebih memiliki pengalaman dibandingkan anda dan pasangan.

http://misi99.club