Saran Finansial

Mengenal Beberapa Profile Risiko Investor

Beberapa dari anda atau mungkin sebagian besar dari anda tentu sudah tidak asing dengan istilah investasi dan para investor harus tahu akan beberapa resiko. Ketika istilah investasi sudah cukup lumrah anda dengar maka istilah investor pun tentu cukup anda kenali dengan baik. Namun, sayangnya tidak banyak orang yang tahu apalagi paham dengan profil risiko investor. Padahal, sesorang dapat dengan mudah mengalami kerugian yang amat sangat besar dalam berinvestasi ketika salah menempatkan modalnya akibat tidak sesuai dengan profil risiko investasi-nya. Kali ini adviceaboutfinance ingin membahas mengenai risiko yang bisa dihadapi investor.

risiko investor

Resiko Yang Perlu diketahui Para Investor

Sebetulnya profil risiko investasi ini sama saja dengan tipe investasi atau karakter berinvestasi seseorang. Hanya saja orientasinya lebih melihat pada risiko yang siap ditanggung oleh sang investor. Untuk lebih jelasnya mengenai profil risiko investor, ulasan singkat berikut ini dapat anda perhatikan baik-baik:

  • Konservatif

Profil risiko investor yang pertama adalah konservatif, dimana seorang investor dengan type konservatif ini cenderung menempatkan modal investasi miliknya pada instrumen-instrumen investasi minim risiko. Minim risiko yang dimaksud tentu saja bukan menghilangkan faktor risiko sama sekali, akan tetapi jika dibandingkan dengan beberapa instrumen investasi lainnya, instrumen investasi yang tergolong minim risiko in sangat jarang menimbulkan kerugian bagi sang investor. Profil risiko investor konservatif ini paling cocok bagi anda yang mudah khawatir, kurang memiliki kemampuan analisis investasi dan menginginkan hasil investasi jangka pendek. Namun jangan mengharapkan imbal hasil alias keuntungan investasi yang signifikan jika anda bertipe konservatif dalam investasi, karena instrumen investasi-nya pun rata-rata tidak menjanjikan profit besar.

  • Moderat

Berikutnya ada profil risiko investor bertipe moderat, yang bisa juga diasumsikan satu tingkat level-nya di atas profil risiko konservatif. Pasalnya, meskipun masih tetap diperuntukkan bagi para investor yang mudah khawatir, kurang memiliki kemampuan analisis investasi dan menginginkan hasil investasi jangka pendek, tetapi sang investor agak sedikit lebih berani menghadapi risiko yang mengintai modal investasi-nya. Umumnya mereka yang bertipe investasi moderat ini adalah mereka yang telah lama berhasil dalam instrumen-instrumen investasi risiko rendah ala investor konservatif kemudian bosan dengan imbal hasil minim yang didapatkan. Hal tersebut terbilang wajar karena memang imbal hasil atau profit yang bisa didapatkan oleh sang investor ketika type investasi dirinya sudah moderat sehingga berani menanamkan modal pada instrumen investasi di level risiko lebih tinggi dapat memperoleh hasil yang lebih tinggi pula.

  • Agresif

Terakhir ada profil risiko investor bertipe agresif. Dari namanya pun dapat dengan mudah dipahami seperti apakah investor bertipe agresif ini. Perbedaannya dengan dua profil risiko investor sebelumnya jelas cukup jauh dan signifikan baik itu dari modal yang diperlukan, waktu menanti hasil hingga potensi imbal hasil yang ditawarkan. Tetapi yang perlu digarisbawahi pada type investor macam ini adalah keberanian untuk berani rugi karena memang risiko instrumen-instrumen investasi untuk para investor agresif ini terbilang amat sangat besar. Itulah sebabnya perlu pertimbangan masak-masak sebelum memutuskan untuk terjun pada instrumen investasi dengan risiko besar. Secara sederhana, dapat dianalogikan bahwa profile risiko investor konservatif memiliki risiko kerugian rendah namun profit-nya pun rendah, profile risiko investor moderat memiliki risiko kerugian menengah namun profit-nya pun menengah, dan profile risiko investor agresif memiliki risiko kerugian tinggi namun profit yang bisa didapatkan pun tinggi. Untuk itulah sebelum anda memutuskan menanamkan modal investasi anda pada suatu instrumen investasi alangkah lebih baiknya jika anda kenali dulu profil risiko investasi anda.

Situs bandarq online

Comment here